Membuat Burger yang Sehat dan Lezat

Membuat Burger yang Sehat dan Lezat – Burger sebetulnya adalah menu yang sederhana. Sebagai jenis makanan yang mendunia, tentu siapa saja bisa membuatnya dan bahkan memodifikasinya. Berbagai varian bahan-bahan yang diperlukan juga dapat dengan mudah anda dapatkan dari toko-toko di sekitar anda. Bahkan, anda juga mendapat kelebihan lain dengan membuat burger sendiri. Salah satunya adalah menyeimbangkan nilai gizi yang dapat anda atur sedemikian rupa. Tidak susah dan hemat biaya, juga menjadi keuntungan lain bersamaan sedikit waktu yang harus anda luangkan untuk mempelajari ataupun membuatnya. Pada dasarnya, varian bahan yang digunakan bisa disesuaikan dengan keinginan.

Berikut beberapa tahapan umum dalam pembuatan burger. Meskipun anda juga bisa berimprovisasi dengan menambahkan sesuatu ataupun bahan-bahan lainnya.

  1. Persiapkan alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan.
    Bahan-bahan dalam membuat burger digolongkan menjadi bahan utama dan pelengkap. Bahan-bahan utamanya meliputi : roti burger atau roti gandum, 1/2 kg daging cincang, tepung roti, dan air. Sedangkan untuk bahan pelengkap seperti garam secukupnya, bawang bombay, parutan wortel, keju, selada, bubuk merica, saus tomat, telur (atau bagian putihnya saja) dan irisan tomat. Begitu juga dengan sayuran lectuce, anda dapat mencucinya terlebih dahulu kemudian mengirisnya. Bawang bombay dapat dicincang halus dari ukuran setengah butir (atau sesuai selera). Utamakan memilih daging yang rendah lemak untuk menghasilkan menu burger dengan gizi yang seimbang. Jenis sayuran juga dapat anda tentukan sendiri. Di sini anda bisa menggunakan mentimun ataupun mayones dan wijen jika suka.
  2. Campurkan bahan-bahan berupa 2 sdm air, 1 putih telur, 4 sdm tepung terigu dan aneka sayuran serta bumbu seperti 3-4 sdm wortel, 1-2 sdm bawang, 2 sdm paprika, sedikit garam (sekitar 1/4 sdt), dan lada ke dalam sebuah wadah. Anda bisa menggunakan mangkok dengan ukuran yang sesuai.
  3. Masukkan keju dan 1/2 kilogram daging ke dalam mangkuk kemudian diaduk hingga tercampur merata.
  4. Adonan diambil untuk dibentuk bulat atau dipipihkan sesuai selera.
  5. Panggang adonan selama 10 hingga 15 menit dan pastikan kedua sisi dapat matang sempurna dan tidak gosong. Derajat pemanasan tidak perlu terlalu tinggi, cukup di kisaran 70 derajat celcius.
  6. Angkat roti burger setelah matang.
  7. Letakkan dan atur bahan-bahan seperti selada, irisan tomat serta daging burger pada roti.
  8. Hidangan burger siap disajikan.

Pembuatan burger yang baik akan menghasilkan roti burger yang gurih dan empuk. Roti burger dapat dipanggang beberapa saat agar menjadi hangat dan roti burger ini sangat cocok dimakan sambil bermain game online di situs kongbet.net. Semakin banyak anda bereksperimen dengan berbagai kombinasi bahan tentu akan semakin menambah wawasan dan keterampilan anda. Dan jika anda telah mahir dengan berbagai resep burger, tidak menutup kemungkinan anda dapat melebarkan sayap dengan membuka bisnis atau usaha burger.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!